Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran di Puskesmas Maha Prana

Sosialisasi Penggunaan APAR dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran di Puskesmas Maha Prana dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2022. Sosialisasi dan simulasi ini terlaksana atas kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan penanggulangan bencana kota Lubuklinggau. Kegiatan diikuti oleh Kepala Puskesmas, Tenaga medis, Paramedis, Staff, PUSTU, Poskeslur, serta penjaga malam Puskesmas Maha Prana.

Dalam rangka peningkatan mutu dan pelayanan di Puskesmas Maha Prana, pada hari Kamis, 23 Juni 2022, diadakan Sosialisasi Penggunaan APAR dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran. Sosialisasi dan simulasi ini terlaksana atas kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan penanggulangan bencana kota Lubuklinggau. Sosialisasi dan simulasi ini diikuti oleh Kepala Puskesmas, Tenaga medis, Paramedis, Staff, PUSTU, Poskeslur serta penjaga malam Puskesmas Maha Prana.


Acara sosialisasi dan simulasi dibuka dengan pemberian sambutan oleh Kepala Puskesmas Maha Prana ibu Nurlela S.KM. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembekalan materi tentang kebakaran yang disampaikan oleh Tim Damkar berpengalaman dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Lubuklinggau. Beliau menjelaskan alat – alat yang digunakan saat terjadinya kebakaran, bagaimana sikap yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran, dan bagaimana cara memadamkan api yang benar. Dalam paparannya, dapat disimpulkan beberapa hal yang wajib digaris bawahi, yaitu Mengidentifikasi sumber-sumber kebakaran, tanggap darurat dan penanganannya, Melaksanakan pemadaman kebakaran dengan menggunakan prinsip pemadaman api, Mengidentifikasi alat pemadam berdasarkan sumber kebakaran, dan Mampu menggunakan alat-alat pemadam kebakaran khususnya Alat Pemadam Api Ringan (APAR).


Setelah penyampaian materi, tim Damkar memberikan beberapa simulasi penanggulangan kebakaran, pertama yaitu simulasi akibat kebocoran di kompor gas dengan mencopot regulator kompor gas dan memadamkan api dengan kain basah. Simulasi berikutnya adalah pemadaman api yang di dalam tong dengan menggunakan karung goni basah dan APAR. Seluruh peserta sosialisasi dan simulasi sangat antusias mencoba dan mempraktekkan materi yang telah diterima. Sosialisasi dan simulasi berjalan dengan lancar dan aman. Dengan adanya kegiatan ini, seluruh pegawai dan petugas keamanan dapat lebih memahami cara penanggulangan kebakaran dan selalu siap siaga ketika suatu saat terjadi bencana kebakaran di lingkungan kerja Puskesmas Maha Prana.

Artikel
BAGIKAN :
Tulis Komentar
LINK TERKAIT